Minggu, 17 November 2013

Kode domain-domain lokal (Indonesia)

1. Domain .COM
Domain .com awalnya ditujukan bagi situs-situs komersial. Sebab com kependekan dari Commercial. Namun sekarang penggunaan .com telah menjadi sebuah ekstensi wajib yang harus dimiliki oleh bisnis.
2. Domain .NET
Domain .net lebih cocok digunakan untuk kepentingan jaringan bisnis, jaringan persaudaraan yang bersifat hi-tech sesuai dengan kepanjangannya sendiri, yaitu Network.
3. Domain .ORG
ORG kependekan dari Organization yang digunakan untuk kepentingan organisasi.
4. Domain .INFO
Domain .info cocok untuk digunakan website informatif.
5. Domain .BIZ
Domain .biz sejarahnya diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar bisnis yang melewatkan kesempatan untuk menggunakan nama domain .com. Sebab .biz itu diambil dari bussiness
6. Domain .US
Domain .us merupakan ccTLD (country code Top Level Domain) dari Amerika Serikat (United States). Namun sah-sah saja apabila digunakan sebagai domain hack untuk mengganti kata-kata “kami” atau “kita”. Contohnya: happiness.us, gladness.us.
7. Domain .ASIA
Domain .asia terwujud atas permintaan bisnis-bisnis di kawasan Asia-Pasifik. Sesuai namanya sendiri, maka domain ini cocok bagi website-website yang ruang lingkupnya Asia-Pasifik. Atau boleh juga sekedar untuk menunjukkan jati diri sebagai orang Asia.
8. Domain .NAME
Meskipun tampaknya tidak lazim, domain .name sepertinya lucu juga bila digunakan untuk mewakili website-website personal.
9. Domain .IN
Satu lagi ccTLD yang bebas dijualbelikan ke publik. Kali ini merupakan inisial dari negara India. Seiring dengan pergeseran bahasa Indonesia, dimana alih-alih menggunakan kata perintah “kan”, masyarakat kontemporer seringkali menggantinya dengan kata perintah “in” yang tidak baku. Maka ekstensi .in sangat cocok bila digunakan untuk bermain Domain Hack. Apalagi .in sendiri seringkali membentuk penutup-penutup dari kata-kata. Contohnya doma.in, orig.in, upinip.in, dlsb.
10. Domain .CO
Ada satu lagi ccTLD lainnya yang juga bebas dijualbelikan. Yaitu domain .co yang sebenarnya merupakan inisial dari negara Colombia. Ekstensi ini dianggap sebagai salah satu ekstensi yang sangat berpotensi untuk menyaingi popularitas .com. Terutama karena ekstensi ini lebih pendek 1 huruf dari .com.
11. Domain .ME
Domain .me menurut saya sangat lucu jika digunakan untuk website-website personal. Karena dia sendiri jika diterjemahkan menunjukkan kata “saya” dalam bahasa Indonesia. Tapi tahukah anda kalau .me merupakan ccTLD dari negara Montenegro?
12. Domain .TV
Seperti namanya, domain .tv cocok di gunakan untuk situs-situs pertelevisian, video streaming, dlsb. Kalau domain .TV sendiri merupakan ccTLD dari negara Tuvalu.
14. Domain .BZ
Sama seperti .co yang diramalkan jadi calon pengganti .com, maka .bz adalah calon pengganti dari .biz. Ekstensi ini sendiri merupakan ccTLD dari negara Belize.
15. Domain .WS
Domain .ws bisa saja diinterpretasikan jadi ‘World Site’ atau ‘Web Site’ sehingga penggunaannya cocok bagi semua tujuan.
16. Domain .EU
Jika Asia punya .Asia, maka Uni Eropa punya .eu sebagai ccTLD nya. Domain ini lazim digunakan sebagai Domain Hack, terutama untuk bahasa-bahasa asing seperti Perancis, Jerman, yang seringkali menggabungkan 2 huruf vokal eu di kata-kata. Contohnya cordonbl.eu, pass.eu, monsi.eu, dsb.
17. Domain .MOBI
Domain .mobi basanya digunakan untuk versi Mobile dari sebuah website. Coba tebak kenapa.
Nah bagaimana dengan domain .ID milik kita? Kalau untuk domain Indonesia, sudah ada ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang sudah paten. Yaitu:
18. Domain .CO.ID
Domain .co.id dikhususkan bagi perusahaan – perusahaan yang bisa menunjukkan bukti-bukti legalitas seperti SIUP atau NPWP ditambah Akta Notaris.
19. Domain .NET.ID
Domain .net.id juga dikhususkan bagi perusahaan – perusahaan. Namun hanya bagi mereka yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sebab untuk aktivasinya sendiri perlu prasyarat berupa Surat Izin Usaha Telekomunikasi (ISP, Telco, Seluler, VSAT, dsb)
20. Domain .AC.ID
Domain .ac.id / Academy Indonesia dikhususkan bagi kepentingan akademis setara perguruan tinggi / universitas.
21. Domain .SCH.ID
Domain .sch.id merupakan domain yang juga digunakan untuk kepentingan akademis, namun lebih ke tingkat sekolah.
22. Domain .OR.ID
Domain .or.id bisa didaftarkan oleh sebuah lembaga organisasi yang memenuhi persyaratan tertentu.
23. Domain .WEB.ID
Domain .web.id digunakan untuk Website personal. Persyaratan aktifasinya relatif cukup mudah. Pengguna cukup menunjukkan tanda bukti berupa KTP.
24. Domain .GO.ID
Domain .go.id dikhususkan bagi instansi pemerintah / Goverment Indonesia.
25. Domain .MIL.ID
Domain .mil.id atau Military Indonesia digunakan oleh instansi pemerintah yang bersifat militer.
[message_box color="green"]Domain Hack adalah teknik yang lazim digunakan untuk memanipulasi ccTLD menjadi nama domain yang membentuk kata-kata tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar